Untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang data BPS Kota Banjarmasin, silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kota Banjarmasin Jl Gatot Subroto No. 5 Banjarmasin pada pukul 08:00 s.d 15:30 WITA atau ke Pelayanan Statistik Terpadu di BPS Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Lainnya.

Update Listing dan Pencacahan SAKERNAS Februari 2015

Update Listing dan Pencacahan SAKERNAS Februari 2015

17 Februari 2015 | Kegiatan Statistik Lainnya


SAKERNAS merupakan suatu survei dirancang khusus untuk mengumpulkan data yang dapat menggambarkan keadaan umum ketenagakerjaan antar periode pencacahan. Sampai dengan saat ini, Sakernas mengalami berbagai perubahan baik dalam periode pencacahan maupun cakupan sampel wilayah dan rumah tangga.

Pelaksanaan SAKERNAS pada tahun 2015 ini diadakan setiap semesteran, yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Selain itu terdapat SAKERNAS Tahunan yang diadakan pula di bulan Agustus yang mana terdapat sampel tambahan yang digunakan untuk estimasi sampai level kabupaten/kota. Pendataan SAKERNAS dilakukan pada Blok Sensus terpilih yang kemudian diambil sampel sebanyak 10 rumah tangga untuk setiap Blok Sensus.

Dari setiap rumah tangga terpilih dikumpulkan keterangan mengenai keadaan umum setiap anggota rumah tangga yang mencakup nama, hubungan dengan kepala rumah tangga, jenis kelamin, dan umur. Untuk anggota rumah tangga yang berumur 10 tahun ke atas akan ditanyakan keterangan mengenai status perkawinan, pendidikan dan ketenagakerjaan.

Secara umum, tujuan Sakernas adalah menyediakan data pokok ketenagakerjaan. Secara khusus, Sakernas bertujuan untuk memperoleh informasi data jumlah penduduk yang bekerja, pengangguran, dan penduduk yang pernah berhenti/pindah bekerja, serta perkembangannya dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional.

Pada Februari 2015 ini, BPS Kota Banjarmasin melaksanakan kegiatan SAKERNAS sebanyak 11 NKS (Blok Sensus) yang terbagi di semua Kecamatan di Kota Banjarmasin.  Pelaksanaan pendataan SAKERNAS dimulai dengan melakukan updating rumah tangga terlebih dahulu pada setiap blok sensus terpilih. Pemutakhiran/updating rumah tangga SAKERNAS Februari 2015 ini dilakukan pada tanggal 26 Januari – 3 Februari 2015.

 Petugas pemutakhiran data langsung melakukan pendataan ke lokasi yang terpilih tersebut dengan menanyakan langsung keberadaan rumah tangga yang ada pada daftar pre printed apakah masih ada ataupun pindah. Proses pemutakhiran rumah tangga juga mencakup rumah tangga baru yang ditemukan saat pendataan. Kegiatan updating rumah tangga ini nantinya dijadikan dasar untuk melakukan pengambilan sampel rumah tangga,

 Hasil dari pemutakhiran data rumah tangga tersebut selanjutnya akan di masukkan kedalam program entri yang nantinya akan digunakan sebagai dasar pengambilan sampel rumah tangga terpilih untuk didata lebih lanjut dengan kuesioner SAKERNAS. Proses pengambilan sampel dilakukan secara otomatis olah program.

 Kegiatan selanjutnya setelah melakukan update listing data rumah tangga adalah pencacahan rumah tangga sampel. Petugas melakukan pencacahan lengkap terhadap 10 rumah tangga sampel masing-masing Blok Sensus. Pertanyaan yang di ajukan lebih rinci mengenai ketenagakerjaan yang nantinya akan dilakukan pengolahan dan validasi data untuk selanjutnya di kirim ke BPS Provinsi Kalimantan Selatan untuk diteruskan ke BPS RI.

Berikut dokumentasinya :

 








 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota BanjarmasinAlamat : Jalan Gatot Subroto No. 5 Banjarmasin 70235

Telpon (0511) 6773031

6773932

email : bps6371@bps.go.id

bps6371@gmail.com

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik