December 26, 2019 | Other Activities
Badan Pusat Statistik melaksanakan Survei Kebutuhan Data (SKD) dalam rangka meningkatkan kualitas data yang dihasilkan dan kualitas pelayanan yang sudah dilaksanakan. Kegiatan survei SKD pertama kali dilaksanakan pada tahun 2005. Pilot survei SKD dilaksanakan pada tahun 2008 di BPS RI dan 5 (lima) BPS provinsi, yaitu Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Lampung, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Provinsi Bali. Selanjutnya, kegiatan survei SKD pada tahun 2009 dan 2010 dilakukan di BPS dan 11 BPS provinsi yang berbeda. Sejak tahun 2011, survei SKD mulai dilaksanakan di BPS RI dan 33 BPS provinsi di seluruh Indonesia. Pada tahun 2014, survei SKD mulai dilaksanakan sampai tingkat kabupaten/kota.
Survei SKD tahun 2019 ini diharapkan dapat memperoleh masukan lebih banyak dari pengguna data dengan melakukan perubahan pada kuesioner dan metode pendataannya. Selanjutnya, diharapkan dapat meningkatkan kinerja BPS sebagai penyedia data dan informasi statistik. Berikut adalah tabel hasil SKD 2019 untuk BPS Kota Banjarmasin:
Tabel 1. Persentase Konsumen Menurut Jenis Kelamin SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Jumlah (orang) |
Laki Laki (%) |
Perempuan (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
6371 |
BANJARMASIN |
37 |
54.05 |
45.95 |
Tabel 2. Persentase Konsumen Menurut Pekerjaan Utama SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Jumlah (orang) |
Pelajar/ Mahasiswa (%) |
Peneliti/ Dosen (%) |
PNS/TNI/ Polri (%) |
Pegawai BUMN/D (%) |
Pegawai Swasta (%) |
Wiraswasta (%) |
Pekerjaan Utama Lainnya (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
(10) |
6371 |
BANJARMASIN |
37 |
45.95 |
5.41 |
29.73 |
0 |
13.51 |
0 |
5.41 |
Tabel 3. Persentase Konsumen Menurut Pemanfaatan Hasil Kunjungan PST SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Jumlah (orang) |
Tugas Sekolah/ Tugas Kuliah (%) |
Skripsi/ Thesis/ Disertasi (%) |
Penelitian (%) |
Penyebaran Informasi (%) |
Perencanaan & Evaluasi (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
6371 |
BANJARMASIN |
37 |
14.63 |
24.39 |
17.07 |
17.07 |
26.83 |
Tabel 4. Persentase Konsumen Menurut Jenis Layanan yang Digunakan SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Jumlah (orang) |
Layanan Perpustakaan Tercetak (%) |
Layanan Perpustakaan Digital (%) |
Layanan Penjualan Buku (%) |
Layanan Data Mikro/Peta Digital/ Softcopy Publikasi (%) |
Layanan Konsultasi Data Statistik (%) |
Layanan Konsultasi Kegiatan dan Rekomendasi Statistik (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
6371 |
BANJARMASIN |
37 |
14.89 |
36.17 |
6.38 |
21.28 |
19.15 |
2.13 |
Tabel 5. Persentase Konsumen Menurut Fasilitas Utama yang Digunakan untuk Memperoleh Data BPS Setahun Terakhir SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Jumlah (orang) |
Website BPS (%) |
Telepon/ Faximilie (%) |
E-mail (%) |
Surat (%) |
PST/ Perpustakaan BPS (%) |
Layanan Statistik Online (%) |
Fasilitas Lainnya (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
(9) |
(10) |
6371 |
BANJARMASIN |
37 |
45.95 |
5.41 |
5.41 |
2.7 |
35.14 |
2.7 |
2.7 |
Tabel 6. Persentase Konsumen yang Puas Dengan Kelengkapan Data SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Puas (%) |
Jumlah (orang-data) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
6371 |
BANJARMASIN |
100 |
100 |
Tabel 7. Persentase Konsumen yang Puas Dengan Akurasi Data SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Puas (%) |
Jumlah (orang-data) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
6371 |
BANJARMASIN |
100 |
100 |
Tabel 8. Persentase Konsumen yang Puas Dengan Kemutakhiran Data SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Puas (%) |
Jumlah (orang-data) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
6371 |
BANJARMASIN |
100 |
100 |
Tabel 9. Persentase Konsumen yang Puas Dengan Kualitas Data Statistik SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Puas (%) |
Jumlah (orang-data) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
6371 |
BANJARMASIN |
100 |
100 |
Tabel 10. Persentase Konsumen yang Menggunakan Data BPS Sebagai Rujukan Utama SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Jumlah Konsumen (orang) |
Rujukan Utama (%) |
Bukan Rujukan Utama (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
6371 |
BANJARMASIN |
37 |
89.19 |
10.81 |
Tabel 11. Persentase Konsumen yang Puas Dengan Layanan Data BPS SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Puas (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
6371 |
BANJARMASIN |
99,09 |
Tabel 12. Persentase Konsumen yang Menggunakan Data BPS Dalam Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Nasional SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Perencanaan & Evaluasi (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
6371 |
BANJARMASIN |
64,29 |
Tabel 13. Persentase Konsumen yang Puas terhadap Akses Data BPS SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Puas (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
6371 |
BANJARMASIN |
97,27 |
Tabel 14. Persentase Konsumen yang Puas terhadap Pemenuhan Sarana dan Prasarana BPS SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
Puas (%) |
(1) |
(2) |
(3) |
6371 |
BANJARMASIN |
100 |
Tabel 15. Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) SKD 2019
Kode Daerah |
Nama Daerah |
IKK |
(1) |
(2) |
(3) |
6371 |
BANJARMASIN |
86,34 |
BPS-Statistics Indonesia
Badan Pusat Statistik Kota BanjarmasinAlamat : Jalan Gatot Subroto No. 5 Banjarmasin 70235
Telpon (0511) 6773031
6773932
email : bps6371@bps.go.id
bps6371@gmail.com
About Us